Alat – Alat Yang Digunakan Dalam Proses Sablonase

Sablonase adalah seni cetak saring yang pada awalnya menggunakan alat-alat yang sederhana. Seiring dengan perkembangan jaman dan semakin banyaknya peminat di dunia sablonase, banyak produsen – produsen yang berlomba – lomba membuat alat bantu yang fungsinya untuk membuat hasil sablonan menjadi lebih rapih, presisi dan efisien dalam pengerjaannya.

Berikut ini adalah alat – alat yang digunakan dalam proses sablonase

Rakel

Rakel adalah alat yg digunakan untuk meratakan dan menekan cat sablon agar dapat turun secara rata ke atas permukaan kain. Rakel ada banyak jenis dan tipe, tergantung kegunaan dan tentunya juga harga.

Screen

Screen adalah media yang digunakan untuk mencetak desain yang ingin disablon. Screen ada banyak ukuran, dari paling kecil sampe paling besar, frame screen ada yang terbuat dari kayu dan dari almunium. Kain yang ditempelkan diatas frame disebut mesh, yang mempunyai kerapatan berbeda-beda dengan fungsi yg beraneka ragam, contoh kerapatan T.120 untuk stiker, T.61 untuk sablon kaos.

Curing

Curing adalah alat pengering yang digunakan untuk mengeringkat tinta, bisa tinta rubber maupun tinta plastisol. Biasanya curing lebih sering digunakan untuk tinta plastisol karena karakter tinta plastisol yang membutuhkan pemanas yang mempunyai suhu minimal 160 derajat agar bisa matang sempurna.

Mesin press

Mesin press digunakan untuk memberikan sentuhan akhir pada sablonan, fungsi utama membuat tampilan cat lebih bagus dibanding tidak di press. Konon katanya fungsi mesin press juga sebagai “pengawet” tinta sablonan agar dapat lebih tahan lama.

Meja sablon/alat sablon presisi

Meja sablon/alat sablon presisi adalah media alas cetak yang diberi lem untuk menempelkan kaos yang akan disablon. Alat sablon presisi ada banyak jenis, mulai dari frame, meja rel, meja thailand hingga rotari. Harga setiap alat bervariasi, mulai dari 500.000 an hingga 30.000.000 an lebih. Saran saya, bijaksanalah dalam memilih alat, karena alat hanyalah pendukung dan bukan hal utama dalam proses sablon.

Selain alat-alat diatas masih banyak alat-alat pendukung lain dalam proses sablonase, alat-alat diatas adalah alat – alat yang pasti digunakan dalam proses sablonase untuk menghasilkan hasil sablonan sesuai standar pasar distro, seperti coater, alat pengaduk cat, hair dryer dll. Selain alat – alat sablon, ada jg bahan – bahan sablon yang digunakan dalam proses sablonase, pembahasannya bisa dibaca disini