Bikin Kaos Pake Brand Clothing Sendiri ? Bisa Banget !

Buat kamu yg lagi mikir-mikir buat bikin kaos pake brand clothing sendiri, gak usah ragu-ragu untuk segera memulainya. Karena bisnis clothing gak ada matinya, selama pola marketing berjalan dengan baik pasti penjualan produk pasti akan terus lancar jaya. Tapi, selain marketing yang bagus, diperlukan juga beberapa hal pendukung lainnya yang gak kalah penting, diantaranya :

  • Kemampuan manajerial

Dalam bisnis, kemampuan manajerial adalah hal yang mendasar. Keberhasilan sebuah brand, sangat di pengaruhi oleh kemampuan kamu dalam memanajemen SDM hingga menjaga kualitas hasil produksi

  • Pemahanan tentang kualitas barang

Sebagai pemilik brand clothing, kamu harus paham kualitas bahan, sablon dan jahitan agar semua hasil produksi bisa mendekati target yang kamu inginkan.

  • Mampu membuat sebuah konsep clothing yang bagus.

Tema clothing itu macem-macem, ada yang fokus di surfing, skate, music dll. Kamu harus bisa menentukan konsep yang pengen kamu pakai, karena dengan menentukan tema berarti kamu udah memetakan pasar.

  • Kemampuan untuk berkomunikasi dengan tim

Sebuah brand besar, akan membutuhan tim yang besar dan kuat. Disitu peran kamu sebagai owner akan di uji, semakin baik cara berkomunikasi dengan tim, akan semakin baik jg hasilnya. Pendelegasian tugas kepada orang yang tepat juga sangat menentukan keberlangsungan brand kamu.

  • Kemampuan untuk berkomunikasi dengan pelanggan

Dengan maraknya penjualan online, rata2 online shop pasti mempunya customer service untuk menjadi penerima pesan dari pelanggan. Gak jarang cara berkomunikasi kepada pelanggan menjadi kunci jadi / tidaknya seorang customer memesan barang di temapat kamu. Dengan komunikasi dan pemberian komuniasi yang baik, kadang orang yang awalnya gak niat beli bisa jadi membeli barang kamu dalam jumlah banyak. Intinya, sebagai CS harus bisa memberikan rasa nyaman kepada customer.

  • Membuat perencanaan agar stok barang tidak terlalu banyak / sedikit.

Nah kalo ini penting buat orang gudang, stok yang berlebih / kurang bisa mempengaruhi jadwal produksi hingga penjualan. Diperlukan keseimbangan dalam neraca produksi agar barang yang diproduksi tidak terlalu menumpuk di gudang, bisa dengan mengatur produksi atau juga dengan mempercepat perputaran barang dengan penjualan

Kalo udah tau hal-hal diatas dan masih pengen bikin clothing dengan brand kamu sendiri, jangan lupa berdoa dulu biar semua jerih payah kamu bisa berjalan sesuai rencana dan menghasilkan profit yang sesuai harapan.