Jenis – jenis bahan kaos yang digunakan untuk event hingga kaos standar distro

Bahan / kain adalah salah satu komponen utama dalam pembuatan pakaian.

Pemilihan antara model pakaian dan bahan yang digunakan sangat menentukan hasil akhir dari sebuah produk. Kali ini, saya ingin mencoba menjabarkan jenis – jenis bahan yang sering digunakan baik untuk event, komunitas, kelas hingga jenis bahan kaos yang banyak dipakai oleh clothing & distro.

 

Kaos Partai

Kaos partai sering juga disebut kaos saringan tahu karena bahannya yang sangar tipis, kaos partai biasanya menggunakan bahan higet untuk harga yang murah, bisa juga menggunakan bahan PE untuk kualitas yang lebih baik. Pemilihan harga bahan yang murah dikarenakan dalam pembuatannya, produksi kaos partai selalu diproduksi dalam jumlah banyak. Tujuannya tentu saja buat promo partai ataupun calon legislatif yang pengen maju jadi wakil kita – kita.

 

Kaos event

Saat ini, hampir setiap acara pasti dibentuk panitia yang biasanya membutuhkan seragam baik berupa kaos, poloshirt maupun kemeja. Jika yang dibuat adalah kaos, biasanya bahan yg digunakan adalah bahan PE, Cardet atau TC. Penggunaan bahan ini biasanya mengikuti budget yang telah ditentukan, bukan tidak mungkin menggunakan bahan combet jika anggaran.

 

Kaos kelas / komunitas

Kaos kelas / komunitas biasanya menggunakan kualitas bahan yang sedikit lebih baik diatas kaos event. Kaos kelas / komunitas bisa dimasukan kedalam kategori menengah dari segi kualitas maupun harga. Bahan yang digunakan biasanya cardet untuk harga “siswa” atau bahan katun combed untuk kualitas yang lebih baik.

 

Kaos untuk clothing & distro

Kaos distro adalah kualitas “pasaran” yang paling banyak dipakai orang, hampir setiap yang datang ke workshopnya rootsheet selalu mengatakan kaos kualitas distro ketika ingin membuat kaos. Kaos distro rata – rata menggunakan bahan katun combed 30’s, meskipun belakangan mulai banyak yang menggunakan katun bambu. Pilihan lainnya bisa menggunakan katun supima atau slub yang kualitasnya diatas katun combed.

 

Semua jenis bahan yang disebutkan diatas, pada dasarnya bisa digunakan untuk segala keperluan. Semoga artikel diatas bisa membantu dalam memilih jenis bahan yang akan digunakan untuk event, komunitas atau clothing brand kamu.