Jenis – Jenis Sablon Kaos

Pasti kamu udah tahu kalau jenis-jenis sablon kaos itu banyak banget, nah… sebelum menentukan jenis sablon yang akan digunakan, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis sablon yang bisa di aplikasikan di kaos biar pilihan kamu gak salah pilih.

  • waterbase / tinta basis air

tinta basis air ini menurut saya adalah jenis tinta yang paling sering digunakan, jenisnya ada rubber clear, rubber netral, rubber white dan juga superwhite. masing – masing mempunyai kegunaan dan karakter yang berbeda. untuk masalah harga, tinta basis air biasanya masih dibawah tinta plastisol.

  • solvent base / tinta berbasis minyak (oil base)

tinta basis minyak / solvent base atau biasa disebut dengan plastisol, adalah jenis tinta yang berbasis minyak, karakternya tidak mudah mampet sehingga cocok untuk digunakan saat mengerjakan desain-desain dengan ukuran dot yang kecil seperti spot color atau cmyk.

tinta plastisol membutuhkan pengering khusus agar dapat matang sempurna, alat tersebut di sebut curing. finishingnya bisa dibuat 3 macam, original, doff dan glossy. Tinggal dipilih sesuai selera.

dua jenis tinta diatas adalah jenis tinta yang paling sering digunakan. Tapi, selain itu ada beberapa aplikasi sablon lain yang juga bisa digunakan seperti :

  • Flocking 

Sablon flocking adalah jenis sablon yang permukannya seperti bulu-bulu halus mirip seperti bludru. Wajar bila banyak orang menyebut sablon flocking adalah sablon bludru. Ada 3 jenis flock yang biasanya digunakan dalam aplikasi sablon kaos, ada yang berbentuk serbuk, lembaran kertas dan ada juga yang mirip seperti stiker.

Flock mempunya beberapa ketebalan yang berbeda, 0.3, 0.5 dan 0.8 milimeter, dengan pilihan aneka warna yang beragam.

  • Discharge
  • Foil
  • Foam