Kenapa Sih Sablonan di Kaos Bisa Pecah – Pecah / Rontok ?

Judul diatas sepertinya sangat mewakili banyak para user kaos yang mengalami kerontokan sablon di kaosnya.

Kenapa sih sablonan di kaos bisa rontok ? saya coba jawab dengan beberapa kemungkinan yang saya ketahui.

 

Proses pengerjaan yang tidak sesuai prosedur

Proses sablonase bukanlah proses sederhana seperti yang ada dipikiran kebanyak pengguna kaos. Proses sablonase itu ada tahapan – tahapan yang harus dilakukan dan tidak boleh dilewatkan untuk mendapatkan kualitas sablonan yang bagus. Rontok pada kaos bisa jadi karena proses pengeringan cat yang tidak maksimal, karena cat sablon itu bukan hanya harus kering tapi juga harus matang agar cat sablon tidak mengalami kerontokan. Proses pematangan cat bisa dilakukan dengan memanaskan cat pada suhu tertentu sehingga cat bisa matang maksimal dan siap dipajang di toko.

Kualitas cat sablon yang buruk

Ada uang ada barang, salah satu alasan kenapa sablonan kaos kamu rontok adalah karena produsen menggunakan cat yang jelek, mungkin dikarenakan harga yang terlalu murah dari si pemesan dan bisa juga karena vendor kaos kamu pengen untung banyak. Sebagai vendor berkualitas biasanya gak terlalu pengen untung banyak, karena untung dikit tapi terus menerus lebih baik daripada untung banyak tapi di komplen.

Proses pencucian yang tidak sesuai kaidah

Kalo kamu terbiasa nyuci kaos menggunakan mesin cuci, segera bersiap mengalami kerontokan sablon lebih cepat. Karena proses cuci yang baik adalah proses mencuci yang dilakukan oleh tangan tanpa bantuan mesin.

Emang udah waktunya

Kalo kamu punya kaos yg usianya 5 tahun dan sablonannya mulai rontok, relakanlah. Cat sablon adalah cat buatan yang tingkat elastisitasnya tidak selentur kain. Terlalu sering digunakan dan dicuci makin lama akan mengurangi kualitas cat dan akhirnya membuat cat rontok dengan sendirinya. Jika ini terjadi, berarti sudah waktunya bikin kaos baru atau beli di toko – toko terdekat.

Setiap cat dan aplikasi sablon mempunyai karakter – karakter yang berbeda satu sama dan dan membutuhkan perawatan yang berbeda satu sama lain. Pastikan kamu mengetahui bagaimana cara merawat kaos sebelum kamu memilih aplikasi sablonan yang bakal kamu pilih.