Memilih Tempat Bikin Kaos Yang Tepat

Berkembangnya teknologi informasi membuat proses jual beli menjadi semakin mudah, namun tak jarang kemudahan tersebut di salah gunakan oleh beberapa oknum yang ingin mengambil keuntungan di dalam kesempitan (menipu). Karena itu, saya ingin memberikan sedikit tips dalam memilih tempat bikin kaos yang tepat.

  • Pastikan bahwa tempat bikin kaos yang kamu pilih adalah benar-benar produsen, bukan broker kaos yang hanya mencari keuntungan semata tanpa memperhatikan kepuasan pelanggan. Bukan ingin menyalahkan broker, tapi pengalaman saya biasanya ketika ada miss komunikasi antara keinginan konsumen yang tidak tersampaikan oleh si broker, terkadang hal ini mengakibatkan kegagalan produksi dan bila brokernya tidak bertanggung jawab akan lepas tangan begitu saja. Jika ingin tetap lewat broker, carilah broker yang bertanggung jawab.

 

  • Jika memungkinkan, datangi workshopnya agar kamu bisa lebih yakin untuk melakukan pemesanan. Tempat produksi yang beneran biasanya tidak keberatan jika konsumen ingin melihat tempat produksinya langsung

 

  • Jika tidak memungkinkan karena jarak yang jauh, coba liat akun-akun social medianya. Biasanya di era sosmed sekarang ini, hampir seluruh vendor sablon meng-upload haris kerjanya di sosmed. Silahkan di cek kapan terakhir upload, seberapa sering upload dan juga pastikan kontak di setiap sosmed adalah sama.

 

  • Jangan tergiur harga murah tapi kualitas bagus, karena itu sama aja kamu pengen mobil innova tapi budget avanza, jelas2 gak mungkin dong kecuali barang yang dijual emang udah gak beres.

 

  • Cari informasi lebih banyak tentang tempat bikin kaos tersebut melalui komunitas di daerahnya, sekarang ini sudah sangat banyak komunitas-komunias sablon di facebook, cari tempat bikin kaos yg sudah ter verifikasi di komunitasnya agar jika ada hal-hal yang tak terduga bisa di selesaikan dengan lebih mudah.

 

Demikian yang bisa saya rangkum dari pengalaman menerima curhatan para customer yang “dikerjain” tempat bikin kaos yang tidak recommended, semoga bisa dijadikan acuan buat para calon customer agar lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.