Mesin yang seharusnya ada di sebuah konveksi.

Proses pembuatan pakaian merupakan proses yang panjang dan membutuhkan alat bantu, dalam sebuah pakaian saja dibutuhkan beberapa jenis mesin untuk menjadikan sebuah kaos. Karena itulah, ada beberapa Mesin yang seharusnya ada di sebuah konveksi untuk memenuhi standar minimum kualitas produksi. Mesin – mesin tersebut adalah

Mesin Jahit Highspeed

Mesin jahit highspeed sejatinya adalah mesin jahit biasa dengan ukuran dinamo yang lebih besar. Disebut highspeed karena kecepatannya 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan mesin jait rumahan. Mesin highspeed bisa digunakan untuk menjahit beberapa jenis bahan seperti bahan drill, bahan kaos, polyester dan juga bahan denim.

 

Mesin Overdeck

Fungsi mesin orverdeck adalah merapihkan lipatan – lipatan  bahan dibagian bawah kaos atau di bagian lengan. Overdeck ada 2 jenis, overdeck kumis dan overdeck biasa, perbedaannya terdapat pada jumlah benang yang dipakai dan tampilan hasil jahitannya.

 

Mesin Rantai

Mesin jahit rantai biasanya digunakan untuk proses jahit bagian pundak dan leher, fungsinya membuat tampilan jahitan menjadi lebih rapih. Biasanya digunakan untuk meproduksi kaos – kaos distro agak terlihat lebih halus dan rapih.

 

Mesin Obras

Mesin obras ini sering dipake untuk merapihkan bagian pinggiran bahan agar tidak mudah brudul, ( benang lepas ).

 

Mesin Potong

Mesing potong fungsinya sebagai alat bantu saat proses pemotongan agar dapat lebih mempercepat proses pemotongan bahan. Mesin potong ada beberapa jenis, dari yang bentuk piso segi 8 ( octa ) hingga mesin potong besar dengan panjang pisau menjapai 14 inci.

 

Mesin Lubang dan Pasang Kancing

Seperti namanya, mesin lubang kancing dan mesin pasang kancing mempunyai fungsi untuk melubangi dan memasang kancing. Karena akan sangat memakan waktu jika dilakukan secara manual dan hasil yang kurang rapih, mesin lubang dan pasang kancing ini adalah salah satu mesin yang harus ada di sebuah konveksi.

 

Setrika Uap

Setrika uap mempunya fungsi menghaluskan permukaan kain dan membuat lipatan kaos jadi lebih terlihat. Setrika uap ada yang menggunakan listri dan ada juga yang menggunakan gas. Dari segi hasil, menurut teman – teman sayang hasil setrika uap dengan gas lebih bagus dibanding dengan setrika uap listrik.

 

Mesin – mesin diatas sudah cukup untuk memenuhi standar minimum untuk sebuah kaos yang layak jual. Meskipun masih banyak lagi mesin – mesin pendukung lain yang bisa digunakan untuk menghasilkan kualitas produk yang lebih baik lagi. Kalo kamu pengen bikin konveksi, Mesin – mesin diatas harus dimiliki agar kualitas produk yang dihasilkan bisa bersaing dengan produsen – produsen kaos lainnya.