Sablon Kaos Digital / Direct To Garment (DTG)

Perkembangan teknologi yang begitu cepat, mau tidak mau membuat teknologi cetak mencetak harus berbenah agar dapat lebih cepat. Salah satu efek dari semakin berkembangnya teknologi cetak mencetak adalah lahirnya sablon kaos digital, sablon kaos menggunakan mesin DTG (direct to garment) yang bisa digunakan untuk mencetak / print gambar langsung diatas media kain tanpa ada proses pembuatan film seperti di proses sablon manual. Simpel, adalah kata-kata pertama yang biasanya dikatakan oleh marketing mesin DTG.

Sederhananya, mesin DTG mirip seperti printer kertas yang fungsinya untuk mencetak apapun yang ingin kita cetak. Perbedaannya ada pada ukuran dan tinta yang digunakan untuk mencetak gambar. Mesin DTG menggunakan tinta khusus yang tingkat kelunturannya rendah, sehingga gambar yang di cetak bisa lebih awet.

DTG dimulai ketika tahun 2004 mimaki membuat mesin DTG yang fenomenal. Setelahnya, banyak merek-merek lain yang juga membuat mesin DTG untuk mencetak kaos. Namun, mesin-mesin canggih tersebut masih mempunyai kekurangan dalam hal mencetak gambar di bahan gelap. Pada waktu itu blm ditemukan tinta putih sebagai dasaran sebelum mencetak gambar yang diinginkan.

Tipikal tinta printing berbeda dengan cat sablon yang dapat menutupi serat kain, tinta DTG menyerap di kain sehinggal hanya maksimal di bawah putih. Hingga pada akhirnya, setelah melalui riset dan uji coba yang panjang, tinta putih untuk mesin DTG ditemukan dan bisa digunakan untuk mencetak gambar diatas bahan selain warna putih.

5 Tahun berjalan, tahun 2009 Viper (brand asal amerika) mengeluarkan Mesin DTG yang bisa mencetak gambar dalam jumlah banyak dalam waktu bersamaan.

Sablon Kaos Digital di Indonesia banyak diisi oleh mesin-mesin DTG rakitan, sangat berbeda dengan teknologi mesin DTG yang berkembang di Amerika. Di Indonesia hanya vendor-vendor besar saja yang mampu membeli mesin DTG non rakitan karena harganya yang mahal banget. Dengan harga alat yang tinggi, harga jual kaos yang di produksi dengan mesin DTG tentu menjadi mahal walaupun mencetak dalam jumlah banyak. Buat saya, mesin DTG hanya maksimal untuk membuat kaos dalam jumlah sedikit (satuan) atau bisa juga digunakan dalam pembuatan sampel kaos sebelum diproduksi masal.

 

Udah jelas mengenail sablon kaos digital / DTG ? kalo belum jelas, silahkan googling biar tambah pinter.(dk/admin)